27 Apr 2009

Yesus Allah yang di sembah (TRITUNGGAL)

Satu pemahaman yang sangat sulit di mengerti, tentang sebuah pemikiran atau konsep TRITUNGGAL (Tiga dalam satu Ke-Esaan), secara logika manusia hal ini tidak dapat kita terima dan hal ini memang benar dan sangat Manusiawi, ini di karenakan karena kita umat manusia yang sudah dari kecil di tanamkan konsep-konsep logika yang di simbolkan dengan Angka (0,1-9).Sehingga melalui kesadaran Logika ketika kita mendengar atau melihat tulisan maupun simbol kita tetap akan berpikir secara hitungan Matematika. Sehingga kita tidak dapat mengerti akan maksud dari TRITUNGGAL. [1+1+1 hasilnya tidak akan pernah menjadi 1] logikanya 1+1+1=3

Apa dan Bagaimana TRITUNGGAL menurut iman orang Kristen?

  • Sebagai orang Kristen yang mengakui dan mempercayai Allah TRITUNGGAL. Tentunya dasar pandangan dan ketetapan pengertian berdasarkan ALKITAB dengan ukuran kebenaran berdasarkan Pengilhaman Roh Kudus. ---Bukan berdasarkan pada Azas Dunia dan Logika Matematis.---Polemik utama dalam kesalah pahaman antara Orang Kristen dan Non-Kristen adalah Yesus Kristus Tuhan adalah Allah Anak dan Bukan Allah Bapa, Agama lain menyatakan hanya sebagai Nabi (Isa Almasih), yang lain menyebutkan hanya sebagai Pangeran atau Raja dan banyak sekali sebutan-
    sebutan lain.

    Meskipun Doktrin TRITUNGGAL menyangkut :
    * Allah Bapa adalah ALLAH
    * Allah Anak (Yesus Kristus) adalah ALLAH
    * Allah Roh Kudus adalah ALLAH
    Yang dalam pemahaman Iman Kristen yang oleh pengilhaman Roh Kudus ke tiga Oknum atau Pribadi yang berbeda itu adalah satu sebagai ALLAH.

    Dalam keseteraanNya yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.Filipi 2:6-7

    Dalam tulisan ini mengkhusus pemaparan Alkitabiah tentang Yesus Kristus adalah Allah itu sendiri.Tentunya merupakan Hak Anda untuk memahami dan menafsirkan Ayat dalam Filipi 2:6-7 karena saya pribadi menyadari bahwa Alkitab telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa sehingga menimbulkan arti yang membingungkan bagi kita.Saran saya inilah waktunya untuk membuka hati menerima Roh Kudus sebagai Pribadi yang akan membantu anda untuk memahami Rahasia Kerajaan Allah, sebab tidak semua orang akan memahami, dan hal ini adalah Alkitabiah.Baca : Matius 19 : 11;

    Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.

    Dan lewat tulisan ini saya menyaksikan sebagai seorang yang Mengaku dan mengimani bahwa Yesus Kristus Tuhan adalah Allah, yang oleh karena kasih karunia tersebut saya sudah diselamatkan, begitu nikmat rasanya ketika saya membaca nats Alkitab yang berbunyi :

    Lukas 8:10; Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.

Sedikit hal tentang Yesus Kristus Tuhan

  • Sejak di kandung Yesus Kristus sudah menjadi hal yang sangat kontroversi, hal ini disebabkan sejak dalam kandungan Dia sudah menentang asas-asas logika duniawi. Yesus Kristus di kandung lewat Perawan Maria artinya tanpa dibuahi (sel sperma dan sel telur) / Hamil tanpa ada persetubuan.(Matius 1:18)
  • Begitu lahir dalam keadaan belum berdaya sudah jadi ancaman bagi seorang raja besar, sehingga sangking paniknya sang raja menyuruh membunuh balita-balita di seluruh daratannya.(Matius 2:16)
    Dia seorang yang penuh hikmat dalam setiap pengajaran meskipun waktu itu Dia hanya anak tukang kayu. (Matius 13:52-56)
  • Memberi makan 5000 orang hanya dengan 5 Ketul roti dan 2 ikan dan tersisa 12 Bakul (Matius 14:17-20)
  • Mengendalikan angin ribut dan ombak (badai) dapat berjalan di atas air (Matius 14:26-32)
    Dan masih banyak lagi hal-hal yang di lakukan Yesus Kristus seperti membangkitkan orang mati (Lasarus) menyembuhkan orang sakit mengusir setan dll. Yang secara keseluruhan tindakannya sangat tidak masuk diakal sehat manusia. Tetapi bagi Dia adalah mungkin. Sebab Dia sendiri adalah ALLAH
    Lukas 1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Hal-hal diatas merupakan sebagian kebanggaan dan sukacita iman saya untuk mempercayai bahwa tindakan perbuatan dan dampak yang di timbulkan-Nya bukan sebagai manusia biasa tetapi sebagai TUHAN.Tidak sedikit orang yang telah mempercayai Dia sebagai Tuhan namun masih belum mempercayai dia sebagai ALLAH.

Apakah kata orang-orang dekat-Nya?
d
an Apa juga kata Iblis tentang Dia?
dan Apa pengakuan Yesus Kristus sendiri tentang diri-Nya?

Orang-orang dekat-Nya berkata:
Thomas murid-Nya : Yoh 20: 28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"
Paulus Rasul Yesus Kristus berkata:Kolose 1: 3 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu,
Kolose 1:16-17 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Apa Juga Kata Iblis tentang Dia :
Markus 1:24 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."
Lukas 4:34 "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."
Sebelum hal ini terjadi Iblis telah mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Allah lewat suatu hardikan Yesus pada iblis.
Matius 4 :10-11; Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

Penjelasan: Iblis mendengar perkataan Yesus dan langsung meninggalkan-Nya tanpa ada bantahan menandakan dia mengakui akan otoritas dan kewibawaan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Allah. Siapakah manusia yang masih meragukan YESUS KRISTUS ? atau lebih burukah/bejat manusia di bandingkan Iblis? Anda bisa menjawab siapa anda sebenarnya, itu pilihan dan hak Anda!

Apa pengakuan Yesus Kristus sendiri tentang diri-Nya?
Yohanes 17 : 6
Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.
Penjelasan : Nama Yesus Kristus adalah nama Bapa juga dan hal ini sangat jelas kehadiran Yesus di dunia adalah kehadiran dari ALLAH BAPA sendiri, hal ini di perkuat dengan ayat berikut :

Yohanes 17 : 11
Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
Penjelasan : perhatikan bagian akhir ayat ini yang di cetak tebal perkataan ini bukan sebagai suatu perumpamaan sehingga harus dikonotasikan atau dicarikan persamaannya tapi hal ini merupakan pernyataan sehingga sudah jelas atau tidak perlu lagi dicarikan arti lain. Intinya YESUS dan BAPA adalah satu.<<>>YESUS = BAPA

Yohanes 14:10-11 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Penjelasan : Keberadaan Yesus Kristus Tuhan adalah Allah Bapa sendiri tidak dapat di pisahkan atau berdiri masing-masing lagi, jadi dengan kata lain Penghormatan dan pengagungan kepada Allah Bapa tak dapat di pungkiri lagi adalah penghormatan dan pengagungan juga kepada YESUS KRISTUS karna memang nama Bapa adalah YESUS. Hal ini bukan sebagai perkataan atau penulisan deretan kata atau huruf yang di buat oleh manusia atau suatu bangsa, tapi lewat perkataan Dia sendiri( Yohanes 17:6).

Terpujilah Tuhan Kita Yesus Kristus yang adalah Allah Bapa.Inilah maksud perkataan dari Rasul Paulus dalam Kolose 1:3 Masih begitu banyak ayat dalam Alkitab yang menyatakan ke-Esaan Allah Bapa dan Allah Anak serta RohKudus:
Yoh 1:1 – Firman itu adalah Allah, Yoh 1:14 Firman menjadi manusia sebagai anak, Fil 2:9-10 nama diatas segala nama, Fil 2:11 Yesus Kristus adalah Tuhan, Kis 4:11-12 Hanya nama Yesus tiada nama lain. Kis 5:4 Roh Kudus adalah Allah.

Dalam iman Kristen lewat pengilhaman Roh Kudus kami orang percaya bahwa Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus) dan Roh Kudus adalah Allah yang Esa membukukan dalam suatu Doktri TRITUNGGAL yang secara Alkitabia kami dapat jelaskan. Jika anda pembaca tertarik maka kami bersedia memberikannya secara Cuma-Cuma.

Hal Terakhir…Layakah Yesus Kristus di Sembah ?

Bagian terakhir ini adalah inti penulisan saya sebagai jawaban kepada saudara-saudara yang saya kasihi di dalam kasih Yesus Kristus Tuhan, yaitu saudara-saudara Saksi-saksi Yehuwa. Saya sangat berharap untuk sampai pada kalimat ini berarti anda sudah membaca penjelasan saya diatas, dan kalau belum luangkan waktu kembali untuk membacanya. Terima kasih..

Hak anda untuk menerima penjelasan diatas atau tidak, dan merupakan kewajiban saya memberitahukan hal ini kepada anda, saya tidak akan mendapakan point-point tertentu menyangkut keselamatan saya untuk hal ini.

Titus 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

Jawaban Atas Layakah Yesus Kristus di Sembah ?Saya hanya bisa memberikan apa yang Alkitab katakan, karena sejauh ini pastilah anda tahu sikap saya.

Yohanes 5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia

Anda dapat mengartikan sendiri….Keputusan adalah HAK ANDA !!
Baca : Matius 19 : 11; Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.

Saudaraku Jauhilah Hal ini…supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun."
Markus 4:12

Adalah satu karunia dari Tuhan Yesus Kristus yang adalah Allah Bapa, dan terimakasih pada Roh Kudus yang membantu saya untuk menulis hal ini.

Ayat-ayat tambahan :
Roma 9:5 Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin

Yohanes 17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Yohanes 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Ibrani 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.

Roma 15:6 sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

Kel. 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Penjelasan : Bandingkan dengan Terjemahan Kitab Saksi-saksi Yehuwa (Terjemahan Dunia Baru/New World Translation) artinya akan tetap sama, Bahwa Allah Bapa sendiri yang mengutus dirinya sendiri ketengah bangsa Israel.

1 Tesalonika 3:11 Kiranya Dia, Allah dan Bapa kita, dan Yesus, Tuhan kita, membukakan kami jalan kepadamu.

Nubuatan Tentang Yesus Kristus :
Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai

4 komentar :

  1. Jujur sampai saat ini sy masih bingung dgn konsep ketritunggalan Allah. Bagi sy hal it sulit untuk dipahami dgn logika manusia. Sejauh yg sy tahu, Allah tidak pernah menuntut kita untuk mengenalNya dgn sempurna. Bagi sy kenalilah Allah sejauh Dia dinyatakan dlm firmanNya. Hal yg terpenting bwt org kristen adalah percaya bahwa Allah Bapa telah mengutus AnakNya Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia dan mengerjakan keselamatan kita selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup didunia ini. Sy teringat dgn kisah seorang hukuman yg disalibkan bersama dgn Yesus kristus. Menjelang detik terakhir hidupnya Dia percaya kepada nama Yesus sebagai Raja dan detik it juga dia selamatkan.. Yg membuat dia diselamatkan bukan karna dia mengenal Allah dengan sempurna karna sy percaya perjumpaanya dengan Yesus mungkin terjadi hanya ketika diatas kayu salib dan Dia belum memiki kesempatan untuk tahu banyak tetang Yesus tapi yang membuat dia diselamatkan karena Dia percaya dalam nama Yesus. Berusaha memahami Allah dengan sempurna sama dengan seekor semut berusaha memahami perilaku manusia. Dengan otak kita yang terbatas kita tidak bisa mengenal Allah dengan sempurna seperti yang dikatakan raja salomo "kemuliaan Allah adalah merahasiakan sesuatu". Sy tidak setuju dgn saudara-saudara kita saksi Yehova. Mereka memikirkan Allah terlalu jauh dari yang alkitab ungkapkan ttg pribadiNya. Sy takut mereka sama seperti kisah teman-temannya ayub ketika menggambarkan Allah menurut pikiran mereka. Mereka salah dalam menggambarkan Allah dan hal itu membuat Allah murka kepada mereka. Kenalilah Allah sejauh Dia dinyakatakan dalam firmanNya dan jangan berusaha menambah konsep-konsep baru yang menyesatkan. Kalau memang ada hal yang sukar untuk dipahami terimalah it dengan iman dan jangan berusaha mengartikannya sendiri dengan pikiran kita keculai jika Roh Kudus mau membukakan artinya. Yang terpenting adalah buah-buah Roh Kudus dan bukan kepandaian kita menggambarkan Allah sehingga hal tersebut membuat kita berdosa di hadapanNya klo kita salah dalam menilai Allah. Sy suka dengan perkataan rasul Paulus dalam 1 korintus 13:11-13 =
    “Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih “.
    Sy menerima kritik dan saran dari saudara =) Tuhan memberkati
    Email = Lover87_jc@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Armin20/4/10

    Manusia diselamatkan bukan dengan memahami Tuhan Yesus dengan segala pengetahuan manusia; manusia diselamatkan dengan hanya Percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat dan dibabtis. Tuhan Yesus sendiri sering dipertanyakan orang Yahudi, tetapi Tuhan Yesus tidak pernah menjawab langsung Diri-Nya Allah, kenapa?
    1. Tuhan Yesus tahu akan isi hati dan pikiran manusia sebelum manusia melakukannya, Dia tidak mungkin menyatakan diri-Nya Allah; sebab Orang-orang Yahudi sangat menantikan jawaban demikian , karena alasan inilah Yesus dirajam dengan batu; Yohanes 10:31”sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus”.
    2. Yohanes 5:31"Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku tidak benar".
    Yohanes 10:38"tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." ayat 30"Aku dan Bapa adalah satu"

    Untuk mengerti Alkitab bukan dengan membaca tetapi lebih kepada merenungkan dan meperkatakan-Nya siang dan malam dengan pimpinan Roh Kudus; kitab Yosua 1:8”janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya , sebab dengan demikian perjalanmu akan beruntung”.
    Trims God Bless You

    BalasHapus
  3. Anonim30/4/10

    Allah adalah Pencipta Langit dan bumi beserta segala isinya, pada saat manusia jatuh dalam dosa Dia mengutus anaknya Yesus Kristus untuk memulihkan hubungan antara manusia dan Allah melalui penderitaan Yesus di Kayu Salib dan pada saat anaknya mati dan dibangkitkan pada hari ketiga kemudian naik kesurga Yesus, sebelum naik kesurga dia tidak meninggalkan murid- muridnya sendiri namun dia mengirimkan Roh penghibur yang lain yaitu Roh Kudus untuk menolong mereka dalam melakukan pekerjaan mereka yaitu mengabarkan injil dan menjadi saksi diseluruh pelosok bumi ini,Allah ada dalam Yesus Kristus dan Yesus ada dalamNya dan Roh Kudus bersama sama dengan allah dan kalau kita menyembah Allah, mengapa tidak kita menyembah Yesus, Kita tidak bisa datang kepada Allah kalau tidak melalui Yesus Kristus karena Yesus adalah jalan keselamatan hidup kita, Yesus memberkati

    adeleidapaula@rocketmail.com

    BalasHapus
  4. Saya suka dan setuju dengan ayat yg dipaparkan di atas, yakni Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    BalasHapus

Sertai Komentar anda dengan alamat e-mail

Followers