2 Jun 2009

TRITUNGGAL / TRINITAS Bag. II

Jawaban Bagi Penganut Kristen TAUHID / UNITARIAN
(Bagi saya mereka tidak berhak disebut Kristen)
  • Alkitab yang kita yakini bersama berisi berita, cerita, bahkan jauh sebelum YESUS lahir telah di nubuatkan [Sekuler : di Ramalkan] dan inilah Nubuatan itu :
    Ada lebih kurang 65 Nubuatan tentang YESUS serta lebih dari 130 Ayat yang mendukung penggenapan Nubuatan ini, Serta 27 Pasal Perjanjian baru yang menceritakan keberadaan Yesus; sejarah kelahiran, perbuatan dan para pengikutnya. Tentunya pada tulisan ini penulis tidak akan membahas ke 65 Nubuatan secarah serentak.
  • KELAHIRAN-NYA DARI SEORANG DARA
    (Berbicara Perempuan yang masih gadis/perawan)
    Nubuatan : Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
    Digenapi : Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
    Lukas 2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

    Penjelasan :
    sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Kata ini berarti Maria ibu Yesus belum tidur bersama dengan Yusuf tunangannya, belum melakukan hubungan sex (layaknya suami istri). Hal ini memperkuat Yesaya 7:14 ….perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki…..Bahkan jenis kelaminpun telah di Nubuatkan. Lukas 2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki
  • TEMPATNYA JUGA DIBERITAHUKAN
    Alkitab menulis bukan hanya pada kelahiran fisik YESUS tapi pada tempatnya juga:
    Nubuatan : Mikha 5:1 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala
    Digenapi : Matius 2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
    Lukas 2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, —karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud—

    Penjelasan : Perhatikan pada Nubuatan bukan hanya sekedar tempat yang di nubuatkan juga tentang eksistensi dari YESUS yaitu : Mikha 5:1…..yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala
    Artinya kelahiran YESUS dalam wujud manusia bukan terlahir dalam sifat bayi yang polos baru ada seperti pengertian logika manusia berdasarkan rasio keterbatasan insani/Human been (Eksistensi/keberadaan)
    ---Lebih Tegas--- sebelum datang/lahir kedunia dalam bentuk/wujud bayi YESUS sudah ada dalam kepribadian* Allah.
    * Kepribadian atau keberadaan berbeda dengan JASMANIAN (Wujud badania/Tubuh secara fisik)
  • NUBUATAN KE-ALLAHAN YESUS
    Yesaya 9:5
    Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    Penjelasan:
    Dalam buku MENJAWAB DOKTRIN TRITUNGGAL karangan Frans Donald, menjelaskan dengan sangat percaya diri bahwa ayat dalam Yesaya 9:5, bahwa kelahiran yang di maksudkan disitu adalah kelahiran dari anak raja Ahaz sehingga sebutan ALLAH PERKASA pada ayat 5, dan gelar-gelar lainnya tidak diperuntukan pada YESUS. Kalau kita mengikuti cara pandang Frans Donald tentunya kita akan melihat secarah utuh ayat ini, bukan hanya terfokus pada Allah yang Perkasa ! Frans Donald lupa menjelaskan tentang predikat pada Bapa yang Kekal bicara KEKAL berarti selamanya dengan kata lain kalau kenyataannya ayat ini di peruntukan untuk anak raja Ahaz, tentunya kehidupan anak ini harus kekal / ngak ada matinya, ada sampai saat sekarang ini. --- Pertanyaan--- Adakah anak raja Ahaz tetap hidup ? Dimana?

    Mari kita lihat lebih jelas lagi pada ayat selanjutnya.
    Yesaya 9 : 6 Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. …….. [henceforth even for ever--In English]

    Penjelasan:
    Jika melihat pada ayat 6, dimana masih menjelaskan/deskripsi dari ayat 5 dimana kekuasaan yang di sebutkan pada oknum ayat 5 akan ada sampai selama-lamanya. PERTANYAAN !! apakah anak dari raja Ahaz hidup untuk selama-lamanya? Bukankah hal ini lebih tepat ditunjukan pada YESUS, yang tetap hidup meskipun pernah mati. UNITARIANpun mengakui bahwa YESUS akan datang kembali di akhir zaman.
    Sebelum penulis lanjutkan !!

    Mari kita mundur jauh kebelakang Sekitar 1445 – 1405 tahun sebelum YESUS dilahirkan
    Kel 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

    Penjelasan:
    Pada ayat 14, Allah menyatakan pada Musa bahwa Dia Allah dapat mengutus dirinya pada bangsa Israel
    (AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu) dan bukan pribadi lain. Dengan kata lain ketika Allah mendatang YESUS yang menurut Unitarian bukan Allah, berarti Allah tidak konsekuen.
    Ayat 15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

    Penjelasan:
    "AKU ADALAH AKU."
    Ibrani : haw-vaw’ haw-vaw’
    Dalam bahasa Inggris menyatakan keberadaan/eksistensi sama dengan pengertian Indonesia
    Dengan demikian manusia sebenarnya tidak mengetahui nama Allah sampai Dia turun kedunia mengambil rupa manusia dan menyatakan nama-Nya sendiri. Inilah maksud dari bagian terakhir pada ayat 15 [itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.]
  • NAMA BAPA dinyatakan :
    Matius 1 : 20 - 23

    20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
    21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
    22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
    23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" —yang berarti: Allah menyertai kita.

    Lukas 1:30-31 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

    Penjelasan:
    Sangat jelas sekali bahwa nama Yesus bukan diberikan atas inisiatif dari orang tua jasmani Yesus (Yusuf dan Maria) namun diberikan oleh Bapa di sorga melalui suruhan-Nya Malaikat Tuhan. Dilain pihak ayat-ayat ini tidak di bahas oleh Frans Donald dalam bukunya. Kita lihat kembali penjelasan ayat 21-23 dalam Matius 1 ini, secara keselurahan menjelaskan kelahiran Yesus dari namanya adalah pemberian Bapa, kelahirannya juga adalah penggenapan nubuatan dari Yesaya 7:14 dengan sangat jelas mengatakan juga Imanuel yang artinya Allah menyertai kita dengan kata lain kelahiran Yesus adalah kehadiran Allah di tengah umat manusia inilah maksud dari Allah menyertai kita.

    Yohanes 17 : 6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.Penjelasan : Nama Yesus Kristus adalah nama Bapa juga dan hal ini sangat jelas kehadiran Yesus di dunia adalah kehadiran pribadi Allah sendiri

    Yohanes 17 : 11 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku;…..
    Selanjutnya Baca Kembali artikel saya yang pertama "YESUS ALLAH yang DISEMBAH (TRITUNGGAL)"
    Pada bagian : *Apa pengakuan Yesus Kristus sendiri tentang diri-Nya?

    Wahyu 1:7-8 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin."Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    Penjelasan :
    Sebelumnya Baca Wahyu 1:1 inilah wahyu Yesus Kristus…artinya dalam penglihatan Yohanes di Pulau Patmos semua yang diceritakan Wahyu adalah Focus of Interest nya adalah Yesus.
    Kembali ke Wahyu 1:7-8 Penjelasan ayat ini adalah mengenai sosok pribadi yang turun dari langit (awan-awan) punya luka tikaman (deskripsi tentang Yesus – Luka tikaman di Kayu Salib) selanjutnya YESUS mengaku "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    ---Dia mengaku sebagai Tuhan Allah, seperti perkataan Yesaya 9:5 ….Allah yang Perkasa….
    Keberadaan-Nya Alfa dan Omega seperti Mikha 5:1…..yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala..intinya Nubuatan tentang kelahiran Mesias bukan ditunjukan pada pribadi lain/orang lain atau belum di genapi tetapi tergenapi oleh Dia YESUS.
    Cara dilahirkan, Sifat, perbuatan, tindakan, perkataan dan ajaran-Nya believe it or not / percaya atau tidak bukan mencerminkan sebagai manusia biasa atau manusia super bahkan seorang nabi tapi

    ---LEBIH DARI ITU---

    Dia mampu merubah Air jadi Anggur, Menyembuhkan orang Sakit bahkan membangkitkan orang Mati, berjalan diatas air, bahkan mengampuni dosa Manusia semua dapat di lakukan YESUS hanya karena [ Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil ] Lukas 1:37
    Dan begitu banyak hal yang dilakukan Yesus melampai batas Logika, rasional manusia ! penulis tidak dapat menggambarkan lagi disini, satu kata untuk YESUS –DAHSYAT !--

    Lukas 21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

    Sampai disini tentunya akan banyak pemikiran yang berkecamuk, mulai dari keabsahan penulisan Alkitab, versi Alkitab mana yang benar?, dalam bahasa mana yang benar?, Ada yang melihat Yesus lewat sejarah, bahkan semua akan sangat-sangat membingungkan tentunya itu hal yang normal dan sangat manusiawi, tapi yang jelas Kehadiran Kristus di dunia tidak terbantahkan Alkitab, sejarah dan Kebudayaan mencatat hal ini.
  • KESIMPULAN :
    Ketika YESUS di beri Bapa sifat-sifat, kekuasaan dan otoritas dan tindakan Allah (Muatan, Kapasitas, Volume sebagai Allah) Apakah YESUS tidak layak dipanggil sebagai Tuhan? Adakah Manusia dalam sejarah peradaban Manusia bahkan mahluk-mahluk non roh ataupun roh yang melampaui tindakan-Nya?
    DOKTRIN TRITUNGGAL / TRINITAS, sangat tepat untuk menggambarkan Allah (secara jamak) menghindarkan peleburan sehingga terjadinya pemisahan pribadi/oknum Allah antara Bapa, Anak dan Roh Kudus --- 3 pribadi yang berbeda 1 dalam ke-Allah-an.
    Hal ini akan memperkuat gambaran Allah dalam Alkitab yang terdiri dari 2 bagian, Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB), Menjadikan Alkitab sebagai kesatuan gambaran tentang Allah yang menjadi junjungan kita.

    Jika tidak Demikian.. maka..

    Alkitab PL yang menggambarkan YHWH sebagai tokoh sakti akhirnya akan di nonaktifkan/pensiun oleh toko sakti dalam PB yaitu YESUS.

    Dengan memahami secara benar Doktrin TRITUNGGAL / TRINITAS bukan melihat secara apriori, akan meberikan/mengajarkan kita bahwa Allah dalam PL dan PB adalah Allah yang sama. Sehingga kita akan memahami maksud dari perkataan yang di tulis dalam :

    Yohanes 1:1-3
    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
    INGAT !! Perkataan Yesus sendiri
    Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu
  • LOGIKA VS IMAN
    Memahami tentang Tuhan YESUS, yang sejak dilahirkan, Sifat, perbuatan, serta tindakan-Nya melampaui Logika dan Rasio manusia adalah sangat tindak mungkin untuk di ukur dari Logika manusia. Satu contoh kecil, hukum dan asas-asas dunia yang serba terbatas tidak akan sanggup menjelaskan hal tentang YESUS memberi makan 5000 orang hanya dengan 5 Roti dan 2 Ikan lebih mengherankan lagi ternyata masih menyisakan 12 bakul. Tapi seperti yang ada juga ketahui banyak orang yang mempercayai hal ini terjadi tanpa disertai penjelasan logis dan itu memang terjadi. Bagaimana dengan anda?

    Satu kata kunci untuk anda dapat mengerti tentang hal-hal yang tidak rasional dan diluar dari logika dapat anda trima RAHASIAnya anda memerluka ukuran yang, ukuran yang bukan berdasarkan LOGIKA …tetapi…IMAN ya IMAN, kenapa harus IMAN

    Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

    Hanya mereka yang mengImani Yesus Kristus adalah Tuhanyang mau percaya pada DIA YESUS secara utuh bukan sepotong-sepotong. Inilah maksud dari Ayat :
    Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

    Ayat-ayat tambahan :
    Yohanes 9;36-38 Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya."
    Kata Yesus kepadanya: "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!" Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.


    Lukas 22:67 katanya: "Jikalau Engkau adalah Mesias, katakanlah kepada kami." Jawab Yesus: "Sekalipun Aku mengatakannya kepada kamu, namun kamu tidak akan percaya;

    Yohanes 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus: "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."

    AKHIR KATA:
    Banyak orang dengan banyak penilaian siapa Yesus, ada yang menyebutkan secara kasar bahwa dia adalah telur dadar, dia adalah Iblis dari neraka, dia pembohong besar. Bahkan mengatakan seorang yang gila. Bagi mereka ini sah-sah saja tapi sebenarnya merekapun sementar genapi nubuatan tentang Dia.

    ……"Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan…. Lukas 2:34

    Saudara dapat menghardik-Nya sebagai seorang tolol, anda dapat meludahi dan membunuh-Nya sebagai iblis; atau anda dapat bersimpuh di bawah kaki-Nya dan memanggil Tuhan dan Allah. Tapi jangan mengambil kesimpulan yang setengah-setengah.

    BAGI saya DIA YESUS TUHAN, ALLAH PERKASA, MAHAKUASA.

    Yohanes 10:27-28 Domba-domba-Ku(Yesus) mendengarkan suara-Ku(Yesus) dan Aku(Yesus) mengenal mereka dan mereka mengikut Aku(Yesus), dan Aku(Yesus) memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
    (Yesus) di masukan oleh penulis untuk maksud mempertegas konteks ayat ini

    Untuk dapat mengerti ayat ini, saran saya berdoalah pada Allah Bapa, minta Roh Kudus mengilhami, memberi pengertian.

8 komentar :

  1. Anonim23/9/09

    Bila ada saudara saya non-nasrani bertanya ttg Bapa dan Anak dan Roh Kudus (Matius 28:19), biasanya apa yang menjadi ucapan pembuka yang mengawali pembicaraan tersebut dan biasanya apa saja yang bisa dikemukakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Terima kasih, saya menanti jawabnya.

    BalasHapus
  2. Biasanya orang diluar kristen akan menanggapi secara apriory mengenai Trinitas (Bapa, Anak dan Roh Kudus)...Pendekatan awal dapat anda gambarkan lewat Analogi Tubuh, Jiwa dan Roh. Lihat pada topik: Analogi Singkat Tritunggal dalam blok ini

    http://bersamadia.blogspot.com/2009/09/analogi-singkat-tritunggal-trinitas.html

    BalasHapus
  3. Amin buat artikelnya. sungguh sangat memberkati =)

    BalasHapus
  4. anonim20/4/10

    sulit untuk dapat menyakinkan orang lain yang berbeda pandangan, terlebih orang yang sudah memiliki konsep yang tendensinya negatip; yang memiliki konsep yg berbeda saja sukar untuk dapat menerima konsep orang lain. ketika seseorang tidak senang pada orang lain, apapun yang dikatakan kebaikan orang itu tidak akan pernah dia terima yang ada adalah salah dan salah. Jalan yg terbaik adalah berdoa untuk orang itu. amin

    BalasHapus
  5. Anonim26/4/10

    Jangan LUPA HUBUNGKAN ANTARA Yohanes 1 : 1-3 dengan kekadian 1 : 1-3...terimakasih

    BalasHapus
  6. selain Yohanes 1 : 1-3 dan kejadian 1 : 1-3

    Jangan lupa juga bahwa YESUS mengalami 3 fase
    1. FASE ALLAH -------Kejadian 1 : 1-3
    2. Fase manusia -----Dalam Injil
    3. FASE ALLAH----- Terangkat kesurga duduk disebelahkanan allah

    BalasHapus
  7. jika masih sulit ---- ilustrasi nya film sunggokong kali......

    BalasHapus
  8. Armin3/5/10

    Inti pemahaman Tritunggal Allah terletak pada Roh Kudus.
    karena Allah adalah Roh,Kitab 2Kor 3:17 "Sebab Tuhan adalah Roh ...."
    dan Yesus yg lahir dari perawan Maria juga Roh Kudus, Kitab Matius 1:16 ayat b "ternyata ia mengandung dari Roh kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami istri."

    Manusia mengenal tiga pribadi yg berbeda sebenarnya adalah satu yaitu ROH KUDUS

    Ketika Roh Allah lahir sebagai manusia bukan berarti Allah terbatas dalam Tubuh Tuhan Yesus sebagai manusia, Allah tetap Allah Yang Maha Dalam Segala Perkara.

    Kitab Yoh.5:26 "Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak (Yesus) mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri."
    ayat ini menjelaskan sekalipun Tuhan Yesus adalah Roh Kudus Dia adalah pribadi yg tersendiri sebagai manusia, yg mempunyai visi untuk memperdamaikan manusia dan Allah.

    BalasHapus

Sertai Komentar anda dengan alamat e-mail

Followers