1 Apr 2010

Saya Percaya Yesus, apa langkah selanjutnya?

Saya baru saja percaya kepada Yesus … bagaimana selanjutnya?

Selamat! Anda baru saja mengambil keputusan yang mengubah kehidupan Anda. Mungkin sekarang Anda bertanya, “Bagaimana selanjutnya? Bagaimana saya mulai berjalan dengan Tuhan?” Lima langkah yang disinggung di sini akan memberi Anda petunjuk dari Alkitab. Ketika dalam perjalanan Anda, Anda ada pertanyaan, silahkan kunjungi http://bersamadia.blogspot.com/ pelajari artikel-artikel didalamnya.

1. Pastikan bahwa Anda mengerti tentang keselamatan.

1 Yohanes 5:13 mengatakan, “Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.” Tuhan ingin kita mengerti tentang keselamatan. Tuhan ingin kita memiliki keyakinan bahwa kita sudah diselamatkan. Secara ringkas, mari kita membicarakan hal-hal utama dalam keselamatan.

(a) Kita semua sudah berdosa. Kita telah melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan Tuhan (Roma 3:23)

(b) Karena dosa kita, kita layak dihukum dengan cara dipisahkan dari Tuhan secara kekal (Roma 6:23).

(c) Yesus mati bagi kita di atas salib untuk membayar hukuman dosa kita (Roma 5:8, 2 Korintus 5:21). Yesus mati menggantikan kita, menanggung hukuman yang seharusnya kita tanggung. KebangkitanNya membuktikan bahwa kematian Tuhan Yesus sudah cukup untuk membayar dosa-dosa kita.

(d) Tuhan menganugerahkan pengampunan dan keselamatan kepada semua orang yang beriman kepada Tuhan Yesus – percaya dan menerima kematianNya sebagai pembayaran atas dosa-dosa kita (Yohanes 3:16, Roma 5:1, Roma 8:1).

Itulah berita keselamatan! Jikalau Anda percaya kepada Tuhan Yesus sebagai JuruselamatMu, Anda diselamatkan. Semua dosa Anda diampuni dan Tuhan berjanji tidak akan pernah meninggalkan Anda (roma 8:38-39, Matius 28:20). Ingat, keselamatan Anda terjamin di dalam Yesus Kristus (Yohanes 10:28-29). Jikalau percaya kepada Tuhan Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat Anda, Anda dapat memiliki kepastian bahwa Anda akan menikmati kekekalan bersama dengan Tuhan di surga!

2. Cari gereja yang baik yang mengajarkan Alkitab.

Jangan pandang gereja sekedar sebagai sebuah bangunan. Gereja adalah orang-orangnya. Adalah sangat penting bagi orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus untuk bersekutu satu dengan yang lain. Itu adalah salah satu tujuan utama dari gereja. Setelah Anda percaya kepada Yesus Kristus, kami sangat mendorong Anda untuk mencari gereja yang percaya kepada Alkitab di sekitar tempat Anda dan berbicara dengan pendetanya. Beritahu dia tentang iman Anda dalam Yesus Kristus.

Tujuan kedua dari gereja adalah untuk mengajarkan Alkitab. Anda dapat belajar bagaimana menerapkan petunjuk-petunjuk Tuhan dalam hidup Anda. Mengerti Alkitab adalah kunci dari hidup Kristen yang sukses dan berkuasa. 2 Timotius 3:16-17 mengatakan, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

Tujuan ketiga dari gereja adalah ibadah. Ibadah adalah berterima kasih pada Tuhan untuk apa yang telah Dia lakukan. Tuhan telah menyelamatkan kita. Tuhan mencintai kita. Tuhan mencukupi kebutuhan kita. Tuhan memimpin dan mengarahkan kita. Bagaimana mungkin kita tidak berterimakasih kepadaNya? Tuhan itu suci, benar, pengasih, pemurah and penuh dengan karunia. Wahyu 4:11 menyatakan, "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

3. Sisihkan waktu setiap hari untuk menfokuskan diri pada Tuhan.

Adalah sangat penting untuk menggunakan waktu setiap hari untuk menfokuskan diri pada Tuhan. Sebagian orang menyebut waktu seperti ini sebagai “saat teduh.” Orang lain menyebutnya sebagai “devosi” karena ini adalah waktu di mana kita mendevosikan atau membaktikan diri kita kepada Tuhan. Ada orang yang suka menggunakan pagi hari untuk maksud ini, yang lain lebih suka pada malam hari. Apapun nama yang Anda pakai untuk waktu ini, dan kapanpun Anda melakukannya, hal itu tidak jadi masalah. Yang penting adalah Anda secara teratur menggunakan waktu dengan Tuhan. Apa yang dilakukan dalam waktu kita dengan Tuhan?

(a) Doa. Secara sederhana, doa adalah percakapan dengan Tuhan. Berbicaralah kepada Tuhan mengenai problem dan keprihatinan Anda. Minta Tuhan memberi Anda hikmat dan pimpinan. Minta Tuhan menyediakan kebutuhan Anda. Katakan kepada Tuhan betapa Anda mengasihi Dia dan bagaimana Anda menghargai segala yang Dia telah lakukan untuk Anda. Itulah doa.

(b) Pembacaan Alkitab. Selain menerima pengajaran Alkitab di gereja, Sekolah Minggu, dan/atau Pemahaman Alkitab, Anda perlu membaca Alkitab secara pribadi. Alkitab memiliki segala sesuatu yang Anda perlu tahu untuk dapat hidup dengan berhasil sebagai seorang Kristen. Alkitab mengandung petunjuk-petunjuk dari Tuhan tentang bagaimana membuat keputusan secara bijaksana, bagaimana mengetahui kehendak Tuhan, bagaimana melayani satu dengan yang lain, dan bagaimana bertumbuh secara rohani. Alkitab adalah kata-kata Tuhan (Firman Tuhan) kepada kita. Pada dasarnya, Alkitab adalah buku petunjuk dari Tuhan mengenai bagaimana hidup dengan cara yang menyenangkan Tuhan dan memuaskan kita.

4. Kembangkan hubungan dengan orang-orang yang dapat menolong Anda secara rohani.

1 Korintus 15:33 memberitahu kita, “ Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” Alkitab penuh dengan peringatan-peringatan mengenai pengaruh dari orang-orang yang “tidak baik” terhadap diri kita. Bergaul dengan orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan yang berdosa dapat membuat kita tergoda. Sifat-sifat dari orang-orang yang bergaul dengan kita akan “menular” kepada kita. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk berkumpul dengan orang-orang yang mengasihi Tuhan dan yang memiliki komitmen kepadaNya.

Usahakan untuk mendapat satu atau dua teman, mungkin dari gereja Anda, yang dapat menolong dan memberi dorongan kepada Anda (Ibrani 3:13; 10:24). Minta teman Anda untuk menjadi tempat Anda bertanggung jawab dalam soal saat teduh, kegiatan-kegiatan Anda, dan hubungan Anda dengan Tuhan. Tanyakan jika mereka juga mau Anda melakukan hal yang sama untuk mereka. Ini bukan berarti Anda harus meninggalkan semua teman-teman yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat mereka. Tetaplah berteman dengan mereka dan mengasihi mereka. Beritahu mereka bahwa Yesus telah mengubah hidup Anda dan Anda tidak dapat lagi melakukan hal-hal yang Anda dulu lakukan. Minta Tuhan memberi Anda kesempatan untuk membagikan Yesus dengan teman-teman Anda.

5. Dibaptis.

Banyak orang salah mengerti baptisan. Kata “membaptis” berarti “memasukkan ke dalam air.” Baptisan adalah cara yang Alkitabiah untuk secara publik memproklamirkan iman kepada Yesus dan komitmen Anda untuk mengikuti Dia. Dimasukkan ke dalam air melukiskan dikuburkan bersama dengan Kristus. Keluar dari dalam air menggambarkan kebangkitan Kristus. Dibaptiskan berarti menidentifikasikan diri dengan kematian, penguburan dan kebangkitan Kristus (Roma 6:3-4).

Baptisan tidak menyelamatkan Anda. Baptisan tidak mencuci dosa-dosa Anda. Baptisan adalah langkah ketaatan, pernyataan secara publik akan iman kepada Kristus untuk keselamatan Anda. Baptisan adalah hal yang penting karena itu adalah langkah ketaatan – secara terbuka menyatakan iman dan komitmen kepada Kristus. Kalau Anda sudah siap untuk menerima baptisan, Anda perlu berbicara dengan Pendeta.

Artike-artikel yang membantu iman percaya anda:

18 komentar :

  1. Anonim19/4/10

    I love Yesus

    BalasHapus
  2. Anonim28/4/10

    Jesus i trust in you..

    BalasHapus
  3. Anonim31/5/10

    Yesus andalanku. Jadikanlah aku andalanMU juga

    BalasHapus
  4. Anonim10/6/10

    Jesuslah segalanya bagi kita,Jeluslah jalan dan keslamatan. Pujian dan Hormat bagi Kemulian Allah TriTunggal.

    BalasHapus
  5. Anonim7/7/10

    Ku siapkan Hati KU tuhan Untuk Mendengar Firman MU tuhan

    BalasHapus
  6. Anonim8/7/10

    YA HANYA TUHAN YESUS YANG MEMBUAT KU TENANG........

    BalasHapus
  7. I just believe in Him...
    Evamansoor@gmail.com

    BalasHapus
  8. Anonim19/9/10

    yesus is my soul..

    BalasHapus
  9. yesus adalah kunci kehidupan ku gbu

    BalasHapus
  10. Anonim12/10/10

    aq baru menyadari bahwa TUHAN lah yang telah memberi kita hidup... biar diriku sebagai persembahan yang hidup... TUHAN tolong saya... KRISTUS sertai saya... ROH KUDUS gerakkan diri saya... Amin

    BalasHapus
  11. Hidup Di Dunia ini adalah Kesempatan n kesmpatan itu hanya datang satu kali maka jangan sis-siakan kesempatan itu. Thanks Jesus kau masih memberiku 1 kesmpatan

    BalasHapus
  12. sudah lama aku kenal Dia, yang menciptakan langit dan bumi. tapi bagaimana aku bisa berjalan / bertahan dengan kemaun dan kehendak Dia. yg saya lakukan selalu keiinginan ku semata, bukan Dia. oh Jesus aku ingat Engkau disaat ku susah, dalam masalah. bagaimana caranya biar aku selalu mengingat Engkau dan berjalan bersama Mu Tuhan... Ampuni aku Tuhan Jesus..

    BalasHapus
  13. Alpianus Palute2/2/11

    Hari ini rabu 2 februari 2011 sy berulang tahun yg ke-21 dan bgtu banyak berkat Tuhan yg sy dptkan di dalam hidup sy, sya ykin dan percaya smua ini dpt terjdi bukan krna kemampuan pribadi sy dlm menjlni hdp ini tp smua itu karena kasih syg Tuhan Yesus kepada sya, hrapan sya ke dpn kiranya Tuhan Yesus sllu mnjga dan mlndngi sy dlm mnjlni hdp ini krn Tanpa cmpur tangan Tuhan Yesus dlm hdp ini smuanya akn sia2.
    Trima kasih Tuhan Yesus.

    BalasHapus
  14. Anonim30/3/11

    I Love You Jesus.
    aku Yakin dan Percaya kepadaMu Yesus.

    BalasHapus
  15. Anonim11/4/11

    telah lama kuterimaMU Tuhan, sejak ku mengundangMU secara pribadi kedalam diriku karena Tuhanlah yg memanggilku dan mengetuk pintu hatiku dlm FirmanMU di wahyu 3:20 dan kubersyukur Tuhan karena kau megasihiku, menegorku dan mengajarku, maka relakanlah hati ini dgn iklas mengikuti semua kasihMU, setia dan taat padaMU,dan tuntunlah hambaMu ini untuk selalu memelihara IMAN kepadaMU lewat FirmanMU dan kirannya jadilah KehendakMU dan terlaksanalah Rencana dan RancanganMU yg begitu baik dan indah bagi hambaMU ini terpujilah Tuhan Haleluya AMIN.

    BalasHapus
  16. Kata mereka Tuhan itu pemarah,
    Penghukum mereka yang laknat.


    Kataku Tuhan itu lembut,
    Melindungi aku dengan langit seperti selimut.

    Kata mereka Tuhan itu penghukum,
    Menjebloskan ke neraka mereka yang murtad.

    Kataku Tuhan itu humoris,
    Menaruh kelucuan pada anak kecil dan binatang

    Tuhan bukan pencatat dosa,
    Ia itu seniman.
    Ia melukis pantai, gunung dan awan.

    Ia membentuk manusia, wajah demi wajah
    roh demi roh.

    Ia meletakkan matahari di cakrawala
    Dan memainkan kuasnya menaburkan warna-warni emas

    Tuhan bukan hakim yang mengintai di tikungan
    Menyergapmu kala kau berdosa.
    Ia itu kekasih.
    Yang mengampuni, yang membelai,
    Yang disakiti namun kembali.
    Yang dikhianati namun memaafkan.

    Sabda Tuhan bukan vonis,
    Melainkan nyanyian yang merdu
    Yang ia tanam di kicau burung,
    Yang ia tabur di cekikik anak kecil,
    Yang ia lantunkan di hembusan angin

    Mata Tuhan bukan pedang yang menembus jiwamu
    Mata-Nya adalah mentari,
    yang menumbuhkan benih harapan di jiwamu,
    yang mencairkan kebekuan di benakmu,

    Tangan Tuhan bukanlah pembatas,
    Namun adalah rahim
    Yang melingkupi engkau kala siang kala malam
    Yang seperti ketuban mengandungmu
    Agar jiwamu lahir kembali dengan sempurna.

    Terkadang aku memanggil Tuhan itu Bapak,
    Kadang Bunda,
    Dan Ia memperlakukanku seperti anak

    Ia menyambutku seperti pengantin
    Dan ketika sangkakala akhir jaman bertiup,

    Kita bukan akan terbang ke awan tinggi
    Atau ke bawah bumi menuju sang api
    Namun melebur ke dalam inti hati kita

    Dan bertemu Tuhan
    Yang sudah lama bersemayam di sana.

    BalasHapus
  17. Anonim5/7/11

    yesus kau sungguh baik

    gabrieltonida@yahoo.com

    BalasHapus

Sertai Komentar anda dengan alamat e-mail

Followers