17 Mar 2010

Yesus adalah Allah, Apakah Yesus berdoa pada diri sendiri ?

Untuk memahami Yesus sebagai Allah dalam dunia berdoa kepada BapaNya yang adalah Allah di surga kita perlu mengerti bahwa Bapa yang kekal dan Anak yang kekal memiliki hubungan yang kekal sebelum Yesus menjadi manusia. Silahkan baca Yohanes 5:19-27, khususnya 5:23 di mana Yesus mengajarkan bahwa Bapa mengutus sang Anak (baca juga Yohanes 15:10). Yesus bukan baru menjadi Anak Allah ketika Dia dilahirkan di Betlehem bertahun-tahun yang lalu. Dari kekekalan, Yesus senantiasa adalah Anak Allah, sekarang dan untuk selamanya.

Yesaya 9:6 memberitahu kita bahwa seorang Putra telah diberikan dan seorang Anak dilahirkan. Yesus senantiasa merupakan bagian dari hubungan Tri-tunggal bersama dengan Roh Kudus. Ke Tri-tunggalan selalu ada, Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Bukan tiga allah, namun satu Allah yang berada sebagai tiga pribadi. Yesus mengajarkan bahwa Dia dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30). Yang dimaksudkan Yesus adalah bahwa Dia dan Bapa, dan tentunya Roh Kudus, memiliki substansi yang sama, esensi yang sama, Allah atau keillahian. Ketiga Pribadi yang setara ini berada sebagai Allah. Ketiganya sudah dan terus menerus memiliki hubungan yang kekal.

Yang terjadi adalah ketika Yesus, sang Anak Allah yang kekal menjadi manusia yang tak berdosa Dia juga mengambil wujud seorang hamba, meninggalkan kemuliaan surgawiNya (bdk. Filipi 2:5-11). Sebagai Allah-manusia, Dia belajar untuk taat (Ibrani 5:8) kepada BapaNya ketika Dia dicobai oleh Iblis, difitnah oleh manusia, ditolak oleh sesamaNya, dan akhirnya disalibkan. DoaNya kepada Bapa surgawinya adalah untuk meminta kuasa (Yohanes 11:41-42) dan hikmat (Markus 1:35; 6:46). Doanya memperlihatkan bahwa dalam kemanusiaanNya Dia bergantung kepada Bapa untuk menjalankan rencana BapaNya untuk penebusan (perhatikan doa Yesus sebagai Imam Besar dalam Yohanes 17); dan pada akhirnya tunduk kepada kehendak BapaNya di Taman untuk naik ke salib untuk membayar hutang dosa karena kita melanggar hukum Allah, yaitu kematian (Matius 26:31-46). Tentulah Dia bangkit secara fisik dari kubur, memenangkan pengampunan dan hidup kekal untuk kita yang menerima Dia sebagai Juruselamat secara pribadi.

Tidak ada masalah dengan sang Anak sebagai Allah berdoa atau bercakap-cakap dengan Bapa sebagai Allah. Sebagaimana yang telah disebutkan, mereka memiliki hubungan kekal sebelum Kristus menjadi manusia. Dalam kemanusiaanNya hubungan ini digambarkan dalam Injil sehingga kita dapat melihat bagaimana Anak Allah dalam kemanusiaanNya menjalankan kehendak BapaNya sehingga penebusan dapat tersedia bagi semua orang (Yohanes 6:38). Ketaatan Kristus secara terus menerus kepada Bapa surgawiNya diberikan kekuatan dan fokusnya terus dipelihara melalui kehidupan doaNya. Contoh doa Yesus disediakan untuk kita ikuti.

KeAllahan Yesus Kristus tidaklah berkurang ketika di dalam dunia Dia berdoa kepada Allah Bapa di surga. Dia menggambarkan bahwa sekalipun sebagai manusia yang tidak berdosa, adalah perlu untuk tetap memiliki kehidupan doa yang vital agar dapat menjalankan kehendak BapaNya. Yesus berdoa kepada Bapa menunjukkan hubunganNya, dalam ketritunggalan, dengan Bapa, dan menjadi contoh bagi kita, bahwa kita mesti bersandar kepada Allah melalui doa untuk kekuatan dan hikmat yang kita perlukan. Karena Kristus, sebagai Allah-manusia membutuhkan kehidupan doa yang bersemangat, demikian pula seharusnya para pengikut Kristus zaman ini!

11 komentar :

  1. Anonim18/3/10

    mengapa dia perlu berdoa sedangkan dia sudah memiliki kuasa dan kemuliaan? jadi doa yang dia sampaikan itu akan sampai kepada dirinya sendiri? (Allah Bapa) tolong bantu saya memahami Dia,..

    BalasHapus
  2. @anonim: Silakan simak kembali dengan seksama artikel diatas secara keseluruhan dan untuk membantu anda saya kutip dari Artikel diatas:

    Ke Tri-tunggalan selalu ada, Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Bukan tiga allah, namun satu Allah yang berada sebagai tiga pribadi. Yesus mengajarkan bahwa Dia dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30). Yang dimaksudkan Yesus adalah bahwa Dia dan Bapa, dan tentunya Roh Kudus, memiliki substansi yang sama, esensi yang sama, Allah atau keillahian. Ketiga Pribadi yang setara ini berada sebagai Allah. Ketiganya sudah dan terus menerus memiliki hubungan yang kekal.

    Baca bagian terakhir kenapa Yesus harus berdoa, Intinya Yesus memberikan contoh:
    KeAllahan Yesus Kristus tidaklah berkurang ketika di dalam dunia Dia berdoa kepada Allah Bapa di surga. Dia menggambarkan bahwa sekalipun sebagai manusia yang tidak berdosa, adalah perlu untuk tetap memiliki kehidupan doa yang vital agar dapat menjalankan kehendak BapaNya. Yesus berdoa kepada Bapa menunjukkan hubunganNya, dalam ketritunggalan, dengan Bapa, dan menjadi contoh bagi kita, bahwa kita mesti bersandar kepada Allah melalui doa untuk kekuatan dan hikmat yang kita perlukan. Karena Kristus, sebagai Allah-manusia membutuhkan kehidupan doa yang bersemangat, demikian pula seharusnya para pengikut Kristus zaman ini!

    BalasHapus
  3. Anonim24/3/10

    kenapa ada perkara aneh msh terjadi walaupun itu tidak memihak Yesus adalah Tuhan sebaliknya cuma Allah sahaja? sbg contoh, ada yang tidak percaya Yesus adalah Tuhan tapi kejadian yang luarbiasa terjadi bagi mereka,..untuk tunjukkan mereka benar,..
    misalnya,masjid yang tidak apa-apa bila dilanda tsunami,kubah masjid terbang,dan mcm2,..
    kenapa Yesus membiarkan itu terjadi???
    bukankah hal2 seperti itu akan membuatkan org itu menjadi lebih percaya bahawa Yesus adalah seorang nabi sahaja?...
    malah semakin menguatkan alasan mereka untuk tidak terima konsep tritunggal,..
    tidak terkecuali dgn saya yang sedikit mula meragui,..
    kalau tidak percaya Yesus adalah Tuhan,boleh masuk neraka,kenapa masih biarkan perkara yang tambah menyesatka terjadi? salah mereka ka mereka tidak percaya? dan walaupu sudah percaya tapi tetap melakukan dosa,tetap msh d neraka,..
    still berbalik kepada konsep buat dosa atau tidak,..
    lalu bagaimana? siapa Yesus? dan bagaimana pula muncul Muhammad dgn al-quran yang juga mengandungi sesuatu yang boleh dikatakan wow,.. kerna muhammad yang dikatakan berbohong mengenai al-quran,mampu pula berbicara tentang hal2 yang wow,..contohnya dari segi sains,.. malah dikatakan bible pula yang diseleweng,.. mana yang benar??
    dua-dua ada mukjizat,alquran ada wow,bible pun ada wow,.. allah kristian ada wow,allah islam juga ada wow,..
    terus,apa yang membezakan keduanya? yesus memang banyak mujizat,islam juga banyak mujizat,..
    saya pening,.....
    salah saya kah andai saya tersalah pilih diantara dua kepercayaan ini??dan hukumnya memang barat,neraka! mana Tuhan??kenapa saya dibiarkan dalam keadaan di mana saya meragui segalanya??

    BalasHapus
  4. Anonim28/3/10

    @Anonim,
    Mujizat? Jangankan sekarang; pada masa Yesus berjalan di bumi pun banyak orang yang menolak Dia, walaupun Dia sudah melakukan sgala mujizat PUN mereka tidak percaya! Apalagi sekarang?
    Apa mujizat bgitu perlu bagimu? Pada zaman Musa pun banyak ahli2 sihir Firaun yg melakukan mujizat, bahkan sekarang pun dukun2 bisa melakukan mujizat. Pertanyaan saya lagi apa mujizat bgitu engkau perlukan?
    Sedangkan orang2 pilihan-Nya harus merasakan kepahitan yg tiada henti2nya dibumi ini, ada nas berbunyi "Aku menghajar orang yg Kukasihi."

    Tahu cerita saat Yesus masuk ke Yerusalem menaiki seekor keledai, dan banyak orang2 yg menyambut Dia. Setelah itu Dia melihat Yerusalem dan Dia menangis, kau tahu kenapa? karena orang2 yg menyambut Dia jugalah yg akan berteriak "Salibkan Dia!" Karena mereka mengenal Yesus hanya sebatas mujizat, tapi tak mempunyai iman pada-Nya.

    Murid2 Yesus dulu jg tidak mengerti akan Firman-Nya, tp Yesus berkata bahwa mata hati mereka dibukakan agar mereka mengerti; Paulus pun berdoa agar mereka yg tidak mengerti, hatinya dibuka oleh Tuhan.
    Mengapa Tuhan menutup hati manusia?
    Pada zaman Musa Tuhan Allah menutup hati Firaun untuk membebaskan umat Israel; mengapa? Agar Dia bisa memperlihatkan kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
    Tuhan Allah jg menutup hati org2 Israel pd zaman Yesus agar mereka menolak Sang Juruslamat; mengapa? Agar mereka nantinya berbalik mencari Dia dlm kepahitan hidup mereka, dan diselamatkan, dgn bgitu Tuhan dipermuliakan.

    Mengapa engkau mengharapkan mujizat yg WOW dari Tuhan, sedangkan hal2 kecil saja tidak engkau syukuri? Lihat bagaimana Dia menyediakan oksigen bagi bumi, panas, dan hujan, makanan dan minumanmu,dsb. Bukankah Tuhan jg berkata bahwa sgala hal baik yg terjadi padamu adalah pemberian dari tangan-Nya sendiri? Karena itu mengucapsyurlah dalam segala hal! YA, dalam segala hal; entah itu suka dan duka, baik dan buruk.

    Janganlah mengharapkan sesuatu yg besar terjadi padamu, tetapi sebaliknya, apa yg sudah engkau lakukan utk membuat Dia tersenyum? Dia bukan budak mu krn itu jgn mengharapkan hal yg WOW-WOW. Tetapi lakukanlah dgn setia hal2 yg sdh ada padamu walaupun itu adalah hal2 kecil dan tak brarti; Lihat bagaimana Dia menggunakan tongkat Musa yg cm sebatang kayu untuk membelah lautan.

    Sebagai penutup,
    Yesus mati untuk dosa2mu adalah hal terbesar yg dilakukan Tuhan utk mu. Mujizat apalagi yg engkau butuhkan? Saya tidak merasa WOW dgn Muhammad, ia adalah org berdosa, saya tidak mau ikut bersama org berdosa.

    BalasHapus
  5. Anonim9/4/10

    skarang saya sedar,..knapa Dia lakukan semua itu,..
    saya cukup sedih bila mengingatkan bahawa saya kecewa Dia tidak membuat saya senyum tapi rupanya saya yang memaksa diri untuk tidak senyum malah saya tidak melakukan apa pun untuk membuat Dia senyum,.. Dia tahu bila saya menangis tapi saya tidak,saya menganggap Dia itu tidak melihat saya tapi hakikatnya,saya yang tidak mengira perasaan Dia. saya mula meragui Dia,mula mempersoalkan kebesaran Dia, ternyata itu cuma membuatkan saya bertambah kecewa. saya cuma membuat iman saya luntur,saya jadi munafik,.. tenggelam dalam dosa yang sengaja dicipta,.. tolong bantu saya dalam doa agar saya mampu melihat kebesaran Dia tanpa ragu,..
    He is The Lord.

    BalasHapus
  6. Anonim25/6/10

    anda bilang :
    Yesus mati untuk dosa2 kita adalah hal terbesar yg dilakukan Tuhan utk kita.
    Mujizat apalagi yg engkau butuhkan? Saya tidak merasa WOW dgn Muhammad, ia adalah org berdosa, saya tidak mau ikut bersama org berdosa.

    drmn anda bisa ber argumen bahwa Muhammad adlh org yg berdosa??? apa yg anda ketahui tentang Muhammad??? jgn pernah menuduh seseorang jikalau anda sendiri tidak mengenal org itu..
    Saya SANGAT PERCAYA dan yakin bahwa ISA AL MASIH atau yg biasa kalian sebut YESUS bin MARYAM / MARIA adalah hanya seorang NABI yg diutus oleh ALLAH untuk menyampaikan bahwasanya hanya ALLAH lah yg patut untuk di sembah oleh seluruh manusia beserta alam dan seisinya sedikit pun YESUS tidak pernah meminta seluruh pengikutnya untuk menyembah dy..

    BalasHapus
  7. ruth y29/6/10

    @buat yg diatas.
    dalam nama TUHAN Yesus,saya tidak maw menghakimi siapapun n membuat perdebatan tentang apapun.saya hanya menyatakan kesaksian saya.
    saya 22 th,yag 21,5 tahun saya mencari Tuhan.saya di lahirkan dari kel non kristen.saya sekolah agama islam selama 11 tahun dan saya berjilbab.
    tentu saya tau tentang siapa muhammad dan bagaimana karakternya sebab jelas waktu itu dialah tauladan saya.
    tetapi yg selalu saya syukuri sekarang adalah saya telah disingkap mata n hati saya tentang kebenaran yang hakiki.
    pertama:siapa Tuhan,siapa yang di puji?
    saya sedikt banyak hafal puji2an untuk muhammad.bagaimana tidak?setiap hari di sekolah saya harus menyanyi kidung pujian bagi muhammad bahkan ada satu buku khusus yg berisikan ttg muhammad,namanya diba'.layakkah manuia di puji?
    kedua:dia sejajar dengan Allah.dimana2 ada tulisan Allah dan muhammad yg di tempelkan sejajar.wow....dahsyat!manusia bisa sejajar dng Allah.paulus yg merupakan rasul besar pun tidak di seperti itukan sama orang2 kristen.atau abraham yg merupakan sahabat Allah,bapak dari segala orang percaya juga ga segitunya.bahkan kami dulu selalu mendoakan khusus bagi muhammad untuk dijunjung tinggi oleh Allah.
    ketiga:kata guru saya,muhammad telah di bersihkan hatinya oleh Allah agar dia selalu berbuat baik.walah....ga seru laan?justru yg benar adalah bagaimana kita dapat menguasai diri kita dari keinginan daging n roh roh kejahatan.kalo benar begitu adanya,saya iri lho!Tuhan pili kasih laan...
    keempat:muhammad banyak menjiplak hukum2 taurat yg di bawa musa.ga kreatip!kalo di bilang alquran merupakan penyempurnaan dari alkitab,itu lucu.alkitab benar2 sempurna dan bukan bacaan berseri.
    yg terakhir:pohon dapat di lihat dari buahnya.
    bukan rahasia bila muhammad kawin lebih dari 2 kalibukan rahasia bila dia suka main perang perangan.dan yg lain2.dapatkah dia menjadi tauladan kita?


    saya tak mempunyai maksud apa apa pada kesaksian saya ini selain menggugah teman2 yg belum percaya agar kita sama2 percaya pada kebenaranya.
    amin,Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  8. buat ruth

    pertama:siapa Tuhan,siapa yang di puji?
    saya sedikt banyak hafal puji2an untuk muhammad.
    ===========================
    puji2an yg mana yg anda mksudkan? jika mmang benar anda adalah mantan muslim anda tahu benar bahwa tdk prnah ada puji2an tentang nabi muhammad. yg ada adalah shalawat dan salam atas junjungan besar nabi muhammad saw.

    ==================
    kedua:dia sejajar dengan Allah.dimana2 ada tulisan Allah dan muhammad yg di tempelkan sejajar.
    ==================
    mana pernyataan nabi muhammad bahwa dia sejajar dgn Allah??? anda klw ngomong yg jelas. katanya mantan muslim dan belajar keagamaan sudah 11 tahun. tapi yg begitu saja anda katakan klw nabi muhammad sejajar dengan Allah.

    ==================
    ketiga:kata guru saya,muhammad telah di bersihkan hatinya oleh Allah agar dia selalu berbuat baik
    ==================
    tidak ada manusia yang lebih agung yg pernah hidup dimuka bumi ini selain muhammad. coba anda bandingkan. org2 kristen dgn bangga mengatakan bahwa yesus dgn sifat pemaafnya yg ketika ditiang salib mengatakan bahwa "bapa ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat" ini bukanlah apa2. seorang pemaaf haruslah berada dalam posisi memaafkan, jika seorang yg tertindas masih didalam genggaman musuhnya dan dia berkata "aku maafkan kau" ini adl hal biasa. tapi jika korban ketidak adilan tersebut telah menang melawan musuh2nya dan dalam posisi itu dia mengatakan "aku maafkan kau" ini barulah luar biasa. dan ini hanya terdapat dalam pribadi nabi muhammad yg agung.

    ==================
    keempat:muhammad banyak menjiplak hukum2 taurat yg di bawa musa.
    ==================
    kalau anda ngomong dgn bukti, jgn asal ngomong. coba berikan ayat2 yg dijiplak muhammad dalam taurat? apakah muhammad menjipak ayat2 porno yg banyak terdapat dalam bible? saya ragu anada mengatakan bahwa anda adlh mantan seorang muslim. karena seorang muslim berbeda sekali cara berfikirnya dgn org2 kristen.

    mukjizat? mukjizat apa? tidakkah anda lihat diri anda sendiri yang tadinya tidak ada, lalu menjadi ada dan hidup dimuka bumi ini?

    umat islam sangat menghormati nabi isa. segala mukjizat yg dilakukan oleh nabi isa tak pernah ditolak oleh umat islam. nabi muhammad tidak memerlukan yesus untuk membuktikan semua mukjizat yg pernah dilakukannya untuk meyakinkan umat islam. tapi semua mukjizat baik dari kelahirannya sampai dgn menghidupkan org mati itu semua atas izin dari Allah, Tuhan yang pantas saya dan adan sembah. yesus sendiri dalam bible sebelum mengadakan mukjizat selalu berdoa terlebih dahulu. seharusnya jika anda berfikiran yang logis hal yg tidak mungkin jika yesus itu adl Allah sendiri lantas selalu berdoa ketika akan melakukan sebuah mukjizat.

    org kristen mengatakan yesus itu 100% manusia juga 100% tuhan. sebagai manusia yesus tentu melakukan hal2 yg dilakukan oleh manusia. seperti makan dan minum. apakah pantas anda mengatakan tuhan itu makan dan minum? jika dia makan dan minum tentu juga cepat atau lambat akan merasa buang air besar ataupun kecil. pantaskah ada tuhan yang buang air kecil atau buanh air besar? bisakah anda bayangkan ketika yesus melakukan buang air besar? apakah anda menggambarkan tuhan serendah itu? silahkan adan renungkan kembali.

    BalasHapus
  9. erakhir:pohon dapat di lihat dari buahnya.
    bukan rahasia bila muhammad kawin lebih dari 2 kalibukan rahasia bila dia suka main perang perangan.dan yg lain2.dapatkah dia menjadi tauladan kita?
    ================================

    dalam islam jelas ada aturannya jika menikahi seorang wanita lebih dari 1. harus selalu adil dalam hal memberikan nafkah. bukan hanya sekedar nikah krna hawa nafsu belaka.

    apakah anda percaya bahwa suatu agama yg didirikan dgn pedang dapat bertahan 1400thn lebih, dan diikuti oleh 1 milliar lebih penduduk dunia? engga usah jauh2. di indonesia saja islam masuk lewat perdagangan. bukan dgn perang seperti yg anda tuduhkan. sedangkan kristen masuk ke indonesia lewat apa kalau bukan penjajahan belanda. buka mata anda, jangan asal ngomong, justru anda sedang memamerkan kebodohan anda sendiri dsni.

    BalasHapus
  10. klw anda masih ingin berdebat tentang kebenaran yg anda banggakan itu, silahakan anda gabung pada page ini

    http://www.facebook.com/pages/Jakarta-Indonesia/Debat-Islam-Kristen/190811565117?ref=ts

    saya tunggu anda disana

    BalasHapus
  11. Anonim10/10/10

    Jika anda mau memberikan "petunjuk" kepada segerombolan semut maka anda harus menjadi semut lebih dahulu, supaya dengan budaya dan bahasa semut anda bisa berkomunikasi dengan semut.
    ini gambaran yang sederhana dan praktis tentang Apa yang dilakukan oleh TUHAN bagi manusia....

    Alkitab ditulis oleh orang-orang yang DI PIMPIN dan DI URAPI oleh Roh Kudus, karena itu anda tidak pernah akan memahami Alkitab jika anda tidak di pimpin oleh ROH KUDUS...
    debat tentang jalan keselamatan tidak akan berakhir jika kita ada pada 2 sisi yang berbeda bahkan ber KONTRADIKSI satu dengan yang lain,
    Alkitab dan Kebenaran yang menyatakan bahwa YESUS adalah TUHAN, tidak akan dipahami jika kita mengambil referensi dari 2 KITAB yang notabene sangat berbeda.
    saya sarankan mari kita bicara YESUS menurut kacamata ALQURA saja, Mengapa? Karena hanya di ALQURAN yang mencatat keberadaan 2 tokoh tersebut. di ALKITAB, sayang tdk diceritakan bahkan di sentil sedikitpun tentang MUHAMMAD saw...
    Gimana temanteman debat?

    BalasHapus

Sertai Komentar anda dengan alamat e-mail

Followers