9 Mar 2010

YESUS UNTUK SEMUA ORANG

Ayat Utama:
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Yoh 3:16.

Pada mulanya, setan membawa Adam dan Hawa masuk dalam dosa melalui satu dusta. Adam dan Hawa harus mempertanggungjawabkan dosa-dosa mereka karena mereka lebih mempercayai kebohongan setan daripada kebenaran Allah. Sampai sekarang setan masih terus membawahi orang-orang ke dalam dosa dengan kebohongannya. Salah satu dusta besar yang disebarkan Setan di Indonesia pada masa kini adalah: "Yesus hanyalah Allah untuk orang-orang kulit putih, bukan untuk orang-orang Indonesia." Siapa yang mendengar dan mengikuti dusta ini akan terhilang selama- lamanya.

Setiap orang yang memikirkan dirinya dan membaca Alkitab, tidak akan pernah tertipu dengan dusta ini. Kita seharusnya mengerti bahwa hanya ada satu Allah. Dia adalah Allah untuk semua orang. Dia yang menjadikan semua orang. Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa Allah yang satu ini hanya mempunyai satu rencana keselamatan. Rencana keselamatan ini berlaku sama untuk setiap orang di dunia ini. Raja-raja dan ratu-ratu agar dapat diselamatkan harus bertobat dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, seperti juga orang-orang yang paling miskin dan hina. Para dosen/guru di Universitas atau orang yang tidak berpendidikan juga harus bertobat dan mempercayai Yesus. Orang kulit hitam, coklat dan putih semua harus bertobat dan mempercayai Yesus dengan cara yang sama jika mereka mau memperoleh keselamatan dan hidup kekal. Ya, hanya ada satu Allah, satu Juruselamat dan satu jalan keselamatan.

Setan telah berdusta ketika dia mengatakan bahwa Yesus hanya untuk orang-orang kulit putih saja. Alkitab menjelaskan dan mengatakan bahwa Yesus adalah untuk setiap orang. Perhatikan firman Allah mengenai hal ini.

NABI-NABI BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku Kej 22:18. Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu" yaitu Kristus. Gal 3:16. Ayat-ayat dalam Kejadian tersebut mengajarkan bahwa rencana Allah untuk menunjukkan kemurahan-Nya kepada semua orang di dunia ini melalui anak Abraham. Ayat-ayat dalam Galatia menunjukkan kepada janji dalam kitab Kejadian tersebut. Hal itu menjelaskan kepada kita bahwa Anak yang menunjukkan kemurahan di dunia itu adalah Yesus Kristus. Allah telah menjelaskan di dalam Alkitab Perjanjian Lama bahwa Juru Selamat yang dijanjikan itu adalah untuk semua orang di dunia.

Dalam Yes 49 kita membaca satu nubuatan mengenai Juruselamat yang dijanjikan itu. Kita menemukan ayat-ayat mengenai pribadi yang dijanjikan tersebut dalam bagian terakhir dari Yes 49:6, "Aku akan membuat Engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang daripada-Ku sampai ke ujung bumi." Yesus berkata bahwa Dialah Terang Dunia. Hal itu pasti. Allah telah merencanakan bahwa Yesus haruslah menjadi suatu terang yang menunjukkan jalan keselamatan kepada semua bangsa di dunia ini.

MALAIKAT BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud Luk 2:10-11. Para malaikat menyampaikan berita yang Allah berikan pada mereka. Dalam berita yang dari Allah tersebut, malaikat menyatakan dengan jelas bahwa Yesus adalah Juruselamat dan Yesus adalah untuk semua orang.

YOHANES PEMBAPTIS BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Ketika Yohanes Pembaptis mempersiapkan jalan bagi Yesus, dia berkata tentang Yesus dengan kata-kata ini "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" Yoh 1:29. Yohanes Pembaptis mengerti bahwa Yesus tidak datang menyelamatkan satu ras manusia. Yohanes menyatakan bahwa Yesus akan menjadi Juru Selamat bagi setiap orang yang akan bertobat dan mempercayai-Nya.

YESUS BERKATA BAHWA BERITA KESELAMATAN ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Sebelum Yesus terangkat ke surga, Dia berbicara kepada murid-murid-Nya dan berkata "pergilah jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" Mat 28:19. Yesus mengatakan kepada para murid bahwa berita keselamatan adalah untuk setiap orang di dunia ini.

ALLAH HANYA MEMPUNYAI SATU RENCANA KESELAMATAN UNTUK SEMUA ORANG

Renungkanlah ayat hafalan untuk pelajaran ini Yoh 3:16. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Dari ayat tersebut kita belajar bahwa Allah mengasihi setiap orang. Kita juga belajar bahwa Allah telah memberikan Yesus, Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang akan mempercayai Yesus tidak akan terhilang tetapi mempunyai hidup yang kekal.

Setan akan berusaha membuat kita percaya bahwa Yesus hanyalah untuk sekelompok orang saja, tapi hal itu adalah satu dusta yang melawan kebenaran yang diajarkan Allah. Allah menjelaskan bahwa Yesus adalah Juruselamat setiap orang. Setiap orang yang bertobat dan percaya kepada Yesus akan mempunyai hidup yang kekal. Biarlah kita tidak sampai tertipu oleh dusta setan. Kita harus percaya kepada Allah.

SIAPAKAH ORANG-ORANG BAPTIS?

Baptis adalah sekumpulan orang-orang Kristen yang mulai ada pada permulaan abad tujuh belas. Dalam memberitakan Kitab Injil, mereka memiliki menekankan pengalaman perubahan hidup. Sejak dari awal, mereka kebebasan beragama- pemisahan Gereja dan Negara. Tekad ini membawa penganiayaan dan menyebabkan anggota-anggota terpencar ke banyak negara.

Akhir tahun 1700, Gereja Baptis sangat peduli bahwa setiap orang di dunia mempunyai kesempatan mendengar "Kabar Baik" tentang Kristus. Penterjemahan dan pembuatan Alkitab menjadi satu bagian utama dari pekerjaan mereka. Karena itu, gereja-gereja ini sekarang tersebar di seluruh dunia.

Beberapa negara dengan anggota Baptis yang besar adalah: Nigeria, Rusia, Brazil, India dan Indonesia. Ada sekumpulan terbesar orang-orang Kristen di Amerika Serikat. Mungkin Anda telah mendengar beberapa anggota Baptis: John Buyan-yang menulis Pilgrim’s Progress, Ev. Billy Graham, Charles Haddon Spurgeon, dan Presiden sekarang dan mantan presiden-Tolbert dari Liberia, Carter dan Clinton dari U.S.A.

Berikut adalah garis besar secara ringkas kepercayaan Orang Baptis.

1. YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN
Orang-orang Baptis percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Dia
adalah Tuhan di surga dan di bumi. Kita harus menurutiNya karena Dia adalah
Tuhan dan Tuan atas hidup kita.

2. ALKITAB ADALAH SATU-SATUNYA PENUNTUN KITA
Artinya kita mengamini pengajaran dari Alkitab. Kita percaya bahwa Allah
telah menyatakan diriNya melalui Kristus, sebagaimana ditulis dalam Alkitab,
dan tidak ada wahyu Allah lagi yang diperlukan.

3. KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB SETIAP ORANG KEPADA ALLAH.
Orang-orang Baptis percaya bahwa hanya ada satu perantara Allah dan manusia,
Yesus Kristus Tuhan kita. Kita tidak memerlukan seorang pendeta atau ada
orang lain yang untuk berbicara kepada Allah bagi kita. Setiap orang bisa
berdoa langsung kepada Tuhan melalui Kristus dan akan didengar Allah.

4. LAHIR BARU ADALAH PENTING
Orang-orang Baptis percaya bahwa setiap orang yang akan masuk ke surga harus
dilahirkan kembali secara rohani. Kelahiran baru ini datang oleh kemurahan
Allah melalui iman. Kita tidak bisa melakukan sesuatu apapun sendiri untuk
layak mendapatkan hal itu.

5. DEMOKRASI GEREJA SETEMPAT
Tiap anggota gereja Baptis mempunyai satu suara. Orang kaya mempunyai satu
suara, orang miskin mempunyai satu suara, dan Pendeta hanya mempunyai satu
suara. Hal ini berarti bahwa gereja Baptis bekerja sebagaimana satu tubuh
demokrasi dibawah pimpinan Allah dalam memutuskan masalah-masalah kegiatan.

6. KEBEBASAN BERAGAMA DAN PEMISAHAN GEREJA DAN PEMERINTAH
Baptis dikenal dari penekanan mereka yang kuat akan kebebasan beragama dan
pemisahan gereja dan pemerintah. Ini berarti bahwa gereja tidak mengatur
pemerintah dan pemerintah mengijinkan kebebasan gereja beribadah. Alkitab
mengajarkan pada kita bahwa orang-orang Kristen adalah warga negara yang baik
di negara mereka.

7. SAKRAMEN PEMBAPTISAN DAN PERJAMUAN KUDUS
Baptis percaya bahwa hanya ada dua sakramen dalam Perjanjian Baru, baptisan
dan Perjamuan Kudus. Yang pertama diberikan pada awal pelayanan Kristus di
muka umum, yang kedua diberikan akhir pelayanan Kristus di muka umum. Kedua
peraturan itu adalah hanya simbol, dan tidak menyelamatkan atau menolong
untuk menyelamatkan dengan cara apapun.

8. KEANGGOTAAN GEREJA
Tiga hal penting untuk setiap orang untuk dapat diterima sebagai anggota
gereja Baptis. Pertama, dia harus di selamatkan dengan bertobat atas dosa-
dosanya dan mempercayai Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan. Kedua, dia
harus hadir di satu gereja setempat dan memohon keanggotaan. Ketiga, dia
harus dibaptis dalam ketaatan kepada perintah Yesus.


Ikuti Seri Belajar Theologia secara Online di:
Http://www.TheologiaOnline.com 

1 komentar :

Sertai Komentar anda dengan alamat e-mail

Followers